Tuesday, February 2, 2016

Summary (Pertemuan 3 - 4)

Pentingnya informasi
·         Pengembangan dan pengimplementasian Rencana Pemasaran memerlukan sejumlah keputusan.
·         Untuk memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi pengambil keputusan pemasaran, perusahaan harus memiliki informasi terbaru yang komprehensif tentang tren makro juga tentang efek mikro bagi bisnis

          WHERE & WHEN TO WOW HOTEL GUESTS
Ø  Lima tahap titik sentuh layanan, yaitu 
1.      Aware (ketika mereka mencari tahu dan memahami tentang hotel)
2.      Appeal (ketika mereka memiliki persepsi yang baik dari beberapa hotel)
3.      Ask (ketika mereka mencari informasi dari diri sendiri atau orang lain tentang hotel)
4.      Act (ketika mereka memilih hotel)
5.      Advocate (ketika mereka merekomendasikan hotel

        5 tahapan - WOW pulse monitor
Ø  Menentukan profil dari tamu yang akan dijadikan responden penelitian
Ø  Menentukan pesaing (head to head)
Ø  Identifikasi semua titik sentuh layanan yang mungkin dimiliki oleh hotel
Ø  Mengukur setiap titik sentuh layanan dengan penilaian sederhana (1-10)
Ø  Menganalisis hasil penelitian





Peran & Tanggung Jawab Pemasar
Tanggung jawab utama pemasar - Mengapa?
Ø  Mempunyai Metode Disiplin Pengumpulan data.
Ø  Menghabiskan lebih banyak waktu interaksi dengan pelanggan.
Ø  Terbiasa melakukan pengamatan persaingan.

 Masalah Perusahaan – Informasi
Ø  Tidak tahu cara mengumpulkan informasi.
Ø  Banyak informasi yang tidak dapat digunakan.
Ø  Terlambat mendapatkan informasi penting.
Ø  Terlalu sedikit informasi yang diperoleh

    Mengapa Informasi penting ?
·         Informasi menjadi kekuatan dalam menghadapi persaingan.
·         Informasi unggul yang akurat, up-to-date akan menjadi keunggulan kompetitif.
·         Dibutuhkan informasi à Bahan pertimbangan untuk Pengambilan Keputusan

Faktor Pendorong Munculnya Kebutuhan Lebih Atas Sistem Informasi
·         Perluasan Jangkauan Pasar
·         Peralihan Orientasi dari Need Pembeli ke Want Pembeli.
·         Peralihan dari Persaingan Harga ke Persaingan Non Harga

Sistem Informasi Pemasaran
·         Manusia, peralatan & prosedur
·         Utk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi & mendistribusikan informasi
·         Informasi sampai tepat waktu & akurat kepada pengambil keputusan pemasaran.
      Fungsi MIS : Mendukung seluruh proses Manajemen Pemasaran

Komponen Sistem Informasi Pemasaran
·         Sistem Pencatatan Internal ( Internal Record System)
·         Sistem Intelijen Pemasaran (Marketing Intelligent System)
·         Sistem Penelitian Pemasaran (Marketing Research System)
·         Sistem Pendukung Keputusan
                  ( Decision Support System)

Sistem Pencatatan Internal
Output : Data Hasil

1.a Siklus Pesanan – sampai – Pembayaran
      Bentuk Sistem Informasi Pemasaran paling mendasar
1.b Sistem Informasi Penjualan
      Kebutuhan data laporan penjualan yang akurat & tepat waktu

Database
Perusahaan mengelola informasi dalam Database
      Database Pelanggan
      Database Produk
      Database Wiraniaga
      Database Demografis
            atau Psikografis

Penggalian
      Mempekerjakan analis yang memiliki keahlian dalam metode statistik yang rumit.
      Perusahaan dapat “menggali data” (data mining)
      Mengumpulkan pengetahuan baru tentang segmen pelanggan yang terabaikan dan informasi berguna lainnya.
      Con : Pengembangan Strategi Asuransi Berdasarkan Pengklasifikasian Status Pelanggan Dengan Memanfaatkan Teknik Data Mining Pada Pt Asuransi Paradiso

                                     Sistem Intelijen Pemasaran
Output : Data Saat ini (happenings)
      Sistem Intelijen Pemasaran :
      Kumpulan prosedur & Sumber Daya
      Yang digunakan utk mendapatkan Informasi Harian mengenai perkembangan lingkungan pemasaran.
      Diperoleh dengan : membaca buku, surat kabar, publikasi dagang, berbicara dengan pelanggan, pemasok, mengamati media sosial, forum, blog.

Upaya Meningkatkan Kualitas Intelijen Pemasaran
Ø  Melatih & memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan & melaporkan perkembangan baru.
Ø  Quaker Oat – buah dalam sereal, olah sereal
Ø  Memotivasi distributor, pengecer, dan perantara lain untuk menyampaikan intelijen yang penting.
Ø  Pembelanja misterius Mc Donald  - 46% restoran Amerika yang memenuhi standar kecepatan layanan internal.
Ø  Membentuk jaringan eksternal.
Ø  Membeli produk pesaing, menghadiri open house & pameran dagang, membaca laporan terbitan pesaing, berbicara dengan karyawan, pemasok; mengumpulkan iklan pesaing, mencari cerita baru tentang pesaing.


Upaya Meningkatkan Kualitas Intelijen Pemasaran
Ø  Membentuk panel penasihat pelanggan.
Ø  Memanfaatkan sumber daya  
Ø  Membeli informasi dari pemasok luar.
Ø  Menggunakan sistem umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelijen kompetitif.
Sistim Pendukung Keputusan
Sistem terintegerasi yang terdiri atas :
      Perangkat keras
      Jaringan komunikasi
      Database

      Pengguna sistem


Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Blogger templates