cr: Google |
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang
diproduksi oleh PT Aqua Golden
Mississippi Tbk diIndonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan
terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal
di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Saat ini,
terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda (3
pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden
Mississippi, dan pabrik di Berastagi, Sumatera Utara
dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).
Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan
multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Perancis, Grup Danone, hasil dari
penggabungan PT Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Aqua Group didirikan oleh Tirto Utomo (1930-1994), warga asli Wonosobo yang setelah keluar
bekerja dari Pertamina, dan bekerja di Petronas, mendirikan usaha
air minum dalam kemasan (AMDK).
Tirto berjasa besar atas perkembangan bisnis
atau usaha AMDK di Indonesia, karena sebagai seorang pionir maka Almarhum
berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di Indonesia.
Perusahaan
yang memproduksi Popmie ini cukup jeli dalam memilih segmen pasar mereka.
Mereka mengerti cara menarik perhatian pasar dan mengerti bagaimana seharusnya
produk mereka dijual dan dipromosikan.
Dalam dunia manajemen pemasaran, ada yang dikenal dengan istilah Costumer Behavior,
atau kebiasaan pelanggan. Ada 3 faktor utama yang menjadi penentu Costumer Behavior, diantaranya:
1. Faktor Budaya
2. Faktor Sosial
3. Faktor Pribadi
1. Faktor Budaya
2. Faktor Sosial
3. Faktor Pribadi
Masing-masing dari faktor diatas memiliki sub-subnya tersendiri.
Untuk lebih memahami tentang faktor-faktor tersebut dan bagaimana cara
perusahaan yang menciptakan Popmie ini menjalankan bisnis mereka dengan melihat
faktor-faktor yang menentukan Costumer Behavior,
kalian dapat memahami analisa kami sebagai berikut:
1. Faktor Budaya
Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lainnya.
Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup kebangsaan, suku, agama, ras, kelompok bagi para anggotanya. Ketika sub-budaya menjadi besar dan cukup makmur, perusahaan akan sering merancang program pemasaran yang cermat disana.
Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lainnya.
Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup kebangsaan, suku, agama, ras, kelompok bagi para anggotanya. Ketika sub-budaya menjadi besar dan cukup makmur, perusahaan akan sering merancang program pemasaran yang cermat disana.
Setiap faktor
budaya terdiri dari beberapa sub-budaya, diantaranya:
– Kebangsaan
– Agama
– Kelompok ras
– Wilayah geografis
– Kebangsaan
– Agama
– Kelompok ras
– Wilayah geografis
Jika
sub-budaya tumbuh besar & cukup kaya, perusahaan sering kali merancang
program pemasaran khusus untuk melayani mereka.
Dri segi
wilayah geografisnya Danone mendistibusikan produk AQUAnya ke semua wilayah.
Tidak hanya di perkotaan saja, tapi kita juga bisa menemukan produk Aqua di
pinggiran kota, bahkan pedesaan.
2. Faktor Sosial
Selain faktor budaya, perilaku
konsumen di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok acuan,
keluarga, peran, dan status sosial. Kelompok acuan terdiri dari semua kelompok
yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau
perilaku orang tersebut.
Keluarga meruapkan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.
Peran dan status sosial seseorang menunjukkan kedudukan orang itu setiap kelompok sosial yang ia tempati. Peran meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan oleh seseorang. Masing-masing peran menghasilkan status.
Keluarga meruapkan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.
Peran dan status sosial seseorang menunjukkan kedudukan orang itu setiap kelompok sosial yang ia tempati. Peran meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan oleh seseorang. Masing-masing peran menghasilkan status.
Contoh, seorang yang memiliki
peran sebagai manajer dan status yang lebih tinggi dari pegawai kantor, dimana
ia juga memiliki banyak keluarga dan anak, tentu ia akan tertarik dengan produk
mobil dari Toyota, karena ada kesesuaian antara kebutuhan dan keunggulan AQUA
sebagai produsen air mineral terbaik, ia bahkan juga bisa membeli pakaian mahal
dan juga keluarganya, membeli rumah besar untuk keluarganya dan lain-lain.
3. Faktor Pribadi
Keputusan membeli juga di
pengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut meliputi usia dan
tahap dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep
diri, juga nilai dan gaya hidup pembeli.
Dear : Custumer Import & Domestics
ReplyDeleteKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id