Tuesday, February 9, 2016

Segmentasi Pasar Usaha Kecil Menengah Maicih


Maicih yang merupakan suatu usaha di bidang kuliner asal Bandung menjual produk berupa cemilan yang umumnya berasa pedas, seperti keripik, seblak, gurilem, basreng (bakso goreng).
Tiap produk tersebut memiliki cita rasa yang berbeda, namun yang menjadi produk andalannya adalah keripik maicih.
Keripik maicih ini sempat booming di sekitar tahun 2012/2013. Sebenarnya tidak ada yang khas dari keripik singkong ini, namun keripik ini di bumbui dengan bumbu pedas dengan berbagai level yang cocok menjadi camilan.
Saat sedang masa kejayaannya maicih, produk nya yang berupa keripik tersebut banyak diburu oleh orang-orang yang mayoritas adalah remaja. Saat ini, maicih sudah sangat terkenal dan sudah mudah di dapat oleh masyarakat sekitar.

Yang akan dibahas kali ini adalah segmentasi pasar oleh CV Maicih. Pada dasarnya, Maicih bisa masuk ke setiap segmen pasar. Namun sepertinya segmentasi demografis paling sesuai.

Segmentasi Demografis: membagi pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, kebangsaan, dan kelas sosial.

Variabel Usia:
Maicih membagi pasarnya menjadi anak kecil dan remaja-dewasa.
untuk anak kecil yang pada umumnya belum menyukai rasa pedas, maicih mempunyai produk seperti seblak keju.
untuk remaja-dewasa, semua produk maicih.

Variabel Jenis Kelamin:
Maicih membagi pasarnya menjadi pria dan wanita.
untuk wanita, pada umumnya kurang menyukai rasa pedas maka maicih memiliki produk keripik level 3, seblak, basreng, gurilem yang tidak begitu pedas.
untuk pria, pada umumnya menyukai rasa pedas maka maicih memiliki produk keripik level 5 dan 10 yang cocok juga sebagai camilan nongkrong bersama teman.

Variabel Pendapatan:
Maicih membagi pasarnya menjadi menengah dan menengah keatas.
maicih menjual rata rata produknya dengan harga yang standar sesuai dengan pendapatan menengah, namun untuk keripik level 5 dan 10 maicih  menjualnya lebih mahal dan lebih cocok untuk masyarakat dengan pendapatan menengah keatas.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Blogger templates